Lazada Otomotif Offer

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa

  • Diterbitkan : 04 Feb 2023

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. GridOto.com - Motor matik menjadi pilihan bagi orang yang tinggal di perkotaan untuk berbagai aktivitas, kira-kira bahan bakar apa yang cocok digunakan? Motor yang saat ini banyak terlihat di jalanan adalah Yamaha Nmax, yang selain dari segi tampilan terlihat besar dan gagah, tapi juga irit bahan bakar. Karena tinggal di perkotaan yang penuh dengan kemacetan maka kita juga harus mempertimbangkan dari sisi keiritan bahan bakar. (Baca Juga : Bagaimana Trik Tim MotoGP Bikin Irit Bensin Motor Saat Balapan?).

Semakin tahun motor-motor keluaran baru memiliki mesin dengan kompresi yang makin tinggi guna mengirit bahan bakar. "Kalau diliat dari spek & kompresinya pakai pertalite juga gak masalah, cuma banyak keluhan motor terasa agak berat, biar pembakaran lebih sempurna lebih baik pakai pertamax," ujar Wawan Sutawijaya, Kepala mekanik salah satu dealer Yamaha di daerah Depok.

Tiga Hal Ini Bisa Bikin Motor Matic Irit Bensin). Menurut pengalaman Wawan Sutawijaya, untuk jarak tempuh gak terlalu pengaruh sih ya, rata-rata di angka 43-48 km/liter.

"Apalagi kalau di jalanan macet bisa cuma sampai 33km/liter, saya pernah temuin kondisi itu," katanya. "Jarak tempuh konsumsi bbm gak terlalu berpengaruh sama tipe bbm, cuma kalau ingin mendapatkan power mesin yang lebih enak dan tarikan yang lebih enteng bisa coba pakai Shell" tutupnya.

Cukup Amankah NMax Pakai Pertalite

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Cukup Amankah NMax Pakai Pertalite

Sekarang mari kita coba ulas lebih dalam, apakah cukup aman penggunaan Pertalite untuk motor NMax kesayangan kamu. Pertamina sebagai penyedia bahan bakar bagi kendaraan selalu berupaya agar produk yang dijual ke masyarakat dapat digunakan sesuai dengan peruntukkannya. Pertamina sudah menyarankan bahwa untuk kompresi mesin 10 : 1 hingga 11 : 1 sebaiknya memakai bahan bakar yang oktannya setingkat dengan RON 92. Penurunan performa tersebut akan sangat terasa bila di dalam tangki bahan bakar sudah tidak tersisa RON 92 ke atas.

Dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi maka kamu sedikit banyak akan memberi kontribus positif pada lingkungan, khususnya udara.

Rekomendasi BBM Nmax dan PCX Bukan Pertalite

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Rekomendasi BBM Nmax dan PCX Bukan Pertalite

Pengguna skutik bongsor kelas 150 cc Yamaha Nmax dan Honda PCX sebetulnya tak perlu ambil pusing dengan berita terkini mengenai kenaikan harga bahan bakar subsidi Pertalite. Sejatinya, kedua motor ini memang tidak diperkenankan menggunakan bahan bakar subsidi jenis Pertalite, atau dengan spesifikasi RON 90 ke bawah. Menurut data spesifikasi Honda dan Yamaha, tingkat kompresi mesin Nmax maupun PCX lebih tinggi dari dapur pacu kriteria pengguna Pertalite.

Sementara PCX yang menggunakan mesin bensin 156,9 cc memiliki tingkat kompresi 12:1, sedangkan Nmax 155 nilai kompresinya 11,6:1. Mengacu pada angka itu tentu Nmax dan PCX bisa diasumsikan tidak dapat menggunakan Pertalite, bahkan Pertamax sekalipun. Angka kompresi demikian lebih sesuai jika mesin menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 98 atau setara Pertamax Turbo.

Yamaha NMax Nekat Tenggak Pertalite, Efeknya Bikin Risih!

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Yamaha NMax Nekat Tenggak Pertalite, Efeknya Bikin Risih!

Tenaga motor matic Yamaha ini meningkat, di mana salah satu faktornya juga berasal dari peningkatan rasio kompresi. Berkaca kepada Yamaha NMax lama saja (rasio kompresi 10,5:1), sudah sepatutnya motor matic ini menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 atau Pertamax.

Hanya saja, perlu diperhatikan juga dampak negatifnya jika hal tersebut terus menerus Anda lakukan. Walau harganya murah, penggunaan BBM beroktan 90 seperti Pertalite tidak disarankan untuk Yamaha NMax.

Menukil keterangan dari situs Yamaha Mega Utama Group, dijelaskan bahwa akan ada beberapa efek yang dirasakan oleh si pemilik. Ketika Yamaha NMax meminum Pertalite, tarikan motor akan terasa agak berat dan pembakaran menjadi tidak maksimal. Baca juga: Bukan Sekadar Ada, Ini Pentingnya Kontrol Traksi di Honda PCX 160 dan Yamaha NMax. Tapi, tidak menutup kemungkinan pula problem serius seperti kerusakan pada piston dan katup mesin menimpa Anda di kemudian hari.

Jadi, alangkah baiknya jika penggunaan BBM pada Yamaha NMax ini merujuk kepada anjuran oktan yang sudah ditetapkan.

Premium, Pertalite Atau Pertamax Buat Motor Yamaha Mu? Ini Kata Pertamina

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Premium, Pertalite Atau Pertamax Buat Motor Yamaha Mu? Ini Kata Pertamina

Sabangrayamotor.com - Dalam memilih bahan bakar harus sesuai spek mesin motornya. Masing-masing motor punya spek yang berbeda dan membutuhkan bahan bakar tipe tertentu.

Dalam memilih bahan bakar yang paling pertama diperhatikan rasio kompresi dari mesin motor itu sendiri. Untuk mengetahui spek rasio kompresi bisa dilihat dari spesifikasi teknik yang diberikan pabrikan. Angka oktan mampu menahan kompresi tinggi sehingga tidak terjadi detonasi atau ngelitik. Bahan bakar yang cocok dengan Yamaha NMAX apa ya?

Tinggal buka website resmi Pertamina dengan klik link ini: https://www.pertamina.com/id/fuel-retail. Dari sana akan terbaca yang cocok dengan mesin Yamaha NMAX yaitu bensin Pertamax.

Dari web itu dijelaskan Pertamx merupakan bahan bakar bensin dengan angka oktan minimal 92 berstandar international. Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).

Konsultasi OTOMOTIF: Apa Bensin yang Cocok untuk Yamaha NMAX?

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Konsultasi OTOMOTIF: Apa Bensin yang Cocok untuk Yamaha NMAX?

Halo Mas Ridwan, bicara bahan bakar yang cocok, salah satu cara termudahnya lihat di data spek motornya berapa rasio kompresinya. Dari data tersebut maka akan ketahuan jenis bahan bakarnya sesuai kadar oktannya.

Baca Juga: NMAX Korban Riset Bengkel, Jadi 200 Cc, Tenaga Gahar Sentuh 20 Dk! Namun hal itu tidak serta merta mutlak, karena bisa saja pabrikan mengeset mesinnya sanggup menenggak bensin dengan oktan 90 seperti Pertalite.

Tentu saja karena motor sekarang dibekali ECU yang canggih, bisa membaca kondisi pembakaran secara terus-menerus.

Isi Full Tank NMax Pakai BBM Pertamina, VIVO dan BP, Mana Lebih Murah?

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Isi Full Tank NMax Pakai BBM Pertamina, VIVO dan BP, Mana Lebih Murah?

Semenjak harga BBM Pertamina naik, pemilik kendaraan mulai coba-coba isi bahan bakar di SPBU lain, misalnya seperti VIVO, Shell atau BP. Maka, untuk membuatnya penuh atau full tank dari kondisi kosong, pemiliknya harus menyiapkan dana Rp 98.690.

Sementara untuk SPBU VIVO, tunggangan tersebut harus menenggak BBM jenis Revvo 92 yang saat ini dijual Rp 14.140 per liter. Nah, biar tidak penasaran, berikut detikOto rangkum biaya isi bensin full tank Yamaha NMax saat menggunakan BBM Pertamina, VIVO, BP dan Shell. Hmm, buat pembaca detikOto yang pakai Yamaha NMax di rumah, kira-kira lebih pilih BBM apa, nih?

Yamaha NMAX Pakai Bensin Apa Yang Cocok? Ini BBM Pertamina, Shell, Total dan BP Castrol Yang Sesuai Spek Mesinnya

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Yamaha NMAX Pakai Bensin Apa Yang Cocok? Ini BBM Pertamina, Shell, Total dan BP Castrol Yang Sesuai Spek Mesinnya

Teknologi yang mendukung Yamaha NMAX juga cukup mumpuni, untuk itu diperlukan bahan bakar khusus supaya mesinnya tidak cepat rusak. Baca Juga: Kocak, Para Pemilik Yamaha NMAX Mengaku Kunci Kontak Kerap Seret dan Dikira Maling, Ternyata Mudah Mengatasinya.

Selain sudah mengususng teknologi injeksi, Yamaha NMAX juga memiliki rasio kompresi yang lumayan tinggi. Baca Juga: Wow, Pesaing Serius Yamaha NMAX, Honda PCX 150 dan ADV150, Ini Bocoran Fitur Suzuki Burgman 150. Dilihat dari website resmi Pertamina di sana terbaca yang cocok dengan mesin Yamaha NMAX yaitu bensin Pertamax. Nah, jadi jelas bahwa untuk Yamaha NMAX minimal menggunakan bensin angka oktan 92 atau setara Pertamax.

Pertalite Bukan Untuk Pemilik Nmax dan PCX

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Pertalite Bukan Untuk Pemilik Nmax dan PCX

INISUMEDANG.COM – Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan isu kenaikan harga BBM per tanggal 1 September kemarin, meski nyatanya belum. Dan wajib memakai Pertamax yang konon harganya akan naik menjadi Rp16.000 per liter.

Imbas kebijakan pemerintah bahwa Pembelian Pertalite di beberapa SPBU Pertamina yang dibatasi. Serta adanya beberapa kriteria kendaraan yang wajib menggunakan BBM jenis pertamax. Ada beberapa jenis kendaraan yang memang harus mengunakan BBM berkadar RON 92 atau Pertamax”. Untuk motor, Saleh menyebut kajian pembatasan dilakukan pada mesin di atas 250 cc.

Tapi jika mengacu pada kompresi mesin, pengguna Yamaha NMAX dan Honda PCX mesti legowo. Artinya, NMAX dan PCX minimal mesti isi BBM jenis Pertamax RON 92,” tegasnya lagi.

Yamaha NMAX Pakai Bensin Apa Yang Cocok? Ini BBM Pertamina, Shell, Total dan BP Castrol Yang Sesuai Spek Mesinnya

Nmax Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Apa. Yamaha NMAX Pakai Bensin Apa Yang Cocok? Ini BBM Pertamina, Shell, Total dan BP Castrol Yang Sesuai Spek Mesinnya

Teknologi yang mendukung Yamaha NMAX juga cukup mumpuni, untuk itu diperlukan bahan bakar khusus supaya mesinnya tidak cepat rusak. Bahan bakar khusus itu yang sesuai spek mesin Yamaha NMAX.

Baca Juga: Harganya Setara Yamaha NMAX Baru, Piaggio Liberty One 2020 Resmi Meluncur, Desain Mirip Honda SH150i. Baca Juga: Kocak, Para Pemilik Yamaha NMAX Mengaku Kunci Kontak Kerap Seret dan Dikira Maling, Ternyata Mudah Mengatasinya. Selain sudah mengususng teknologi injeksi, Yamaha NMAX juga memiliki rasio kompresi yang lumayan tinggi. Baca Juga: Wow, Pesaing Serius Yamaha NMAX, Honda PCX 150 dan ADV150, Ini Bocoran Fitur Suzuki Burgman 150.